5. Sebutkan dan jelaskan perbedaan pada marketing tools dan promotion mix. Terangkan juga hubungannya dengan konsep product life cycle.

Marketing tools dapat di artikan sebagai teknik yang digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa yang dijual dalam suatu perusahaan. Marketing tools biasanya mempromosikan produknya melalui: website, billboard, spanduk, iklan di televisi, surat kabar, brosur, kartu nama, video marketing, direct email, company profile dan merchandise. Kebanyakan bisnis yang menjual barang dan jasa kepada masyarakat akan bersifat menjangkau secara luas, menggunakan berbagai alat pemasaran seperti riset pasar dan iklan untuk membantu lebih lanjut keberhasilan seorang marketing, sedangkan pengertian dari promotion mix adalah paduan strategi pemasaran atau promosi untuk membangun relasi yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan atau mendapatkan uang dari produk yang kita tawarkan dan ada 5 hal yang harus diperhatikan dalam promtion mix ini yaitu; advertising, public relation, sales promotion, personal selling, dan direct marketing.

perbedaan nya adalah kalau marketing tools lebih mempromosikan barang dan jasanya melalui perantara seperti media dll, sedangkan promotion mix lebih direct langsung ke orangnya dalam mempromosikan barang atau jasanya.

Hubungan dengan konsep product life cycle suatu perusahaan adalah sudah pasti dalam suatu perusahaan menggunakan marketing tools atau pun promtion mix yang menjadi modal utama keberhasilan perusahaan tersebut. Dengan adanya kedua hal tersebut sudah pasti perusahaan dapat menjadi bisa berkembang mmebuat sesuatu hal yang baru, perusahaan menjadi lebih mengenal kebutuhan masyarakat sehingga dapat membuat suatu strategi untuk jangka panjang dan agar perusahaan tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang memuaskan.

Comments