5. Stuktur organisasi perusahaan marketing dan penjelasannya



imagefrom: https://bimarlistanto.wordpress.com/2012/04/12/struktur-organisasi-perusahaan-marketing/

A. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB MASING-MASING;

1. GENERAL MANAGER
yaitu yang memimpin perusahaan tersebut, yang mengatur perusahaan, membuat kebijakan-kebijakan atau aturan agar perusahaan nya tersebut dapat berjalan dengan lancar dan teratur, sehingga dapat mencapai tujuan yang ingin di capai. lalu General manager tidak bekerja sendirian, dan tentuna memiliki tanggung awab yang begitu besar karena berada di tingkat yang paling tinggi, dia di bantu oleh bawahannya yaitu manajer.

2. DIREKTUR/DIVISION
tugasnya adalah mengatur setiap koordinasi divisi yang terdapat di perusahaan tersebut, mereka juga mengumpulkan laporan dari setiap divisi, laporan pekerjaan mereka untuk di check, jika telah selesai check dan sesuai prosedur , laporan tersebut bisa dikirimkan kepada General Manager. Jadi direktur pun dapat memberitahu informasi yang bisa didapatkan dan yang di butuhkan tiap divisinya.

3. PERSONALIA DEPARTMENT
tugasnya adalah mengurus di bidang sumber daya manusia nya, misal dalam perekutan kerjanya, penilaian kinerja nya apakah sudah bagus atau belum, sehingga membutuhkan pelatihan khusus, mereka juga memberikan penghargaan kepada karyawan yang telah bekerja keras.

4. ACCOUNTING DEPARTMENT
tugasnya mencatat segala keuangan yang ada di perusahaan tersebut, pengeluaran dan pemasukan uang dari perusahaan tersebut, agar keuangan dapat di atur dengan baik, sehingga tidak di salahgunakan dan mengontrol agar keuangan di perusahaan tersebut terus seimbang

5. R&D Development
tugas dari divisi ini mereka melakukan penelitian dan mengembangkan penelitian tersebut, jadi mereka melakukan penelitian atau survey kepada masyarakat untuk mengetahui produk atau barang apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen, lalu dari survey tersebut kita harus dapat membuat produk tersebut dan mengembangkan produk tersebut menjadi lebih baik lagi dan membuat perusahaan dapat berkembang menjadi lebih baik lagi juga.

6. MARKETING DEPARTMENT
tugas dari divisi ini adalah memasarkan produk yang akan kita jual kepada konsumen lalu jika produk nya berhasil terjual artinya perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut.

7. MANTENANCE DEPARTMENT
tugas dari divisi ini adalah memelihara perangkat yang terkait dengan proses operasional perusahaan, seperti mesin produksi, pendingin, menjaga perangkat komputer dan instalansi listrik. Tetapi tidak semua perusahaan memiliki divisi ini, hanya untuk perusahaan yang memilki gedung sendiri tidak dalam status masih sewa. Jika gedung nya masih menyewa divisi ini tidak diperlukan.

8. QUALITY ASSURANCE
tugas atau fungsi dari divisi ini adalah menjaga dan memastikan kualitas produk yang telah di produksi oleh perusahaan yang akan dijual nanti kepada konsumen. Seperti tempat pengecekan lagi produknya apakah barang nya sudah memenuhi standar atau belum, nanti akan di pisahkan dengan produk yang masih belum memenuhi standar. 

9. GENERAL AFFAIR
tugas dari divisi ini adalah mereka menyediakan segalah kebutuhan dan keperluan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut seperti menyediakan seragam untuk karyawannya ataupun pemiliharaan lingkungan kantor dll.

10. PUBLIC RELATION DEPARTMENT
tugas dan fungsi dari divisi ini adalah menjalin hubungan kerjasama dengan perusahaan yang lain, menjadi wajah yang mencerminkan perusahaan sendiri. lalu mereka juga memberikan keterangan kepada wartawan dan lainnya jika itu terkait dengan perusahaan kita seperti memberi klarifikasi jika terjadi suatu hal.

11. PURCHASING DEPARTMENT
tugas dari divisi ini adalah membeli bahan baku produksi, dan menjalin kerjasama dengan pihak supplier agar dapat membeli bahan baku produksi untuk jangka waktu yang panjang. Tanpa baha baku, perusahaan tidak akan dapat memproduksi apapun. 


B. SETIAP PERUSAHAAN MEMPUNYAI STRUKTUR ORGANISASI BIDANG PEMASARAN YANG BERBEDA-BEDA

mengapa setiap perusahaan memiliki struktur organisasi bidang pemasaran yang berbeda karena pasti setiap perusahaan menjual suatu produk yang  berbeda beda dengan perusahaan yang lainnya sehingga sudah pasti struktur organisasi bidang pemasarannya pun berbeda karena memiliki cara strategi dan cara mempromosikan produk yang berbeda-beda. Rencana tersebut dibuat agar dapat mencapai tujuan mereka yaitu terjualnya produk, dan memiliki keuntungan sebesar besarnya.


Comments

NEW POST!