4. Jelaskan apa yang dimaksud 'P' dari marketing mix secara gamblang dan contohnya

1. Produk

Produk dapat mencakup segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk pada konsumen agar dapat diperhatikan, dicari, diminta, dibeli, digunakan, atau pun dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pasar. Selain itu, ada hal lain yang harus diperhatikan dalam menciptakan produk, yakni berupa komponen atribut produk. Komponen atribut produk ini adalah unsur -unsur produk sebagai dasar konsumen dalam mengambil keputusan apakah akan melakukan pembelian atau tidak. Jadi, produsen perlu memenuhi atribut produk tersebut agar sesuai sasaran pasar yang dituju.
Adapun atribut produk tersebut meliputi : merek, kemasan, label, jaminan (garansi), dan layanan pelengkap lainnya.

2. Price

Jadi, perusahaan sangat perlu memperhatikan masalah harga atau Price ketika hendak melakukan pemasaran. Harga yang diberikan kepada konsumen atau harga yang dikeluarkan oleh perusahaan harus tepat. Perlu digarisbawahi bahwa harga yang tepat bukan berarti murah atau mahal. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan ketika menentukan harga barang.
Beberapa faktor penentu harga dapat berupa : harga pokok barang, kondisi persaingan, kualitas barang, daya beli masyarakat, konsumen yang dituju, kondisi perekonomian dan sebagainya.

3. Place = Saluran Distribusi

Pengertian saluran distribusi ini merupakan rangkaian perantara, yang meliputi tempat di bawah pengelolaan pemasar dan digunakan dalam menyampaikan barang dari produsen kepada konsumen. Distribusi juga dapat diartikan sebagai suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan guna memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa yang berasal dari produsen ke konsumen. Jadi, penggunaan distribusi ini harus disesuaikan dengan berbagai faktor lain yang diperlukan seperti jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan. Dalam aktivitas pemasaran sebagai strategi marketing mix, proses distribusi memiliki beberapa manfaat manfaat. Seperti untuk menciptakan nilai tambah produk melalui fungsi-fungsi pemasaraan serta untuk memperlancar arus saluran pemasaran secara fisik dan non fisik. .
4. Promotion
Komponen marketing mix lainnya adalah promosi. Kegiatan promosi dan produk ini terdiri dari advertising, publicity, promosi penjualan, personil selling, yang dapat dilakukan di berbagai tempat, seperti di rumah-rumah atau di tempat-tempat perusahaan yang dikunjungi oleh agen-agen penjual. 

1) Personal selling

Personal selling adalah suatu kegiatan presentasi melalui percakapan satu atau dua orang penjual dengan tujuan melakukan penjualan. Kegiatan personal selling dapat dilakukan di toko, rumah-rumah atau tempat-tempat perusahaan yang dikunjungi agen-agen penjualan.

2) Sales promotion

Sales promotion adalah kegiatan yang dilakukan dengan memberikan dorongan kepada para pembeli yang umumnya hanya mau membeli produk ketika ada imbalan seperti akan mendapat hadiah atau bonus. Sales promotion ini biasanya dilakukan ketika hari hari yang istimewa, seperti hari kemerdekaan, peringatan hari lahir perusahaan, hari lahir konsumen dan lainnya. Hadiah-hadiah yang diberikan dapat berupa undian, atau jual obral. Pada intinya, sales promotion dilakukan dengan beberapa tujuan, seperti  :
  • menarik para pembeli baru
  • memberi penghargaan kepada pemakai yang lama
  • meningkatkan daya beli
  • menghindarkan konsumen berpindah ke merek lain
  • meningkatkan jumlah penjualan jangka pendek

3) Advertising

Advertising merupakan suatu bentuk presentasi atau penyajian serta promosi yang dilakukan tentang ide, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu. Kegiatan promosi ini bisa dilakukan dengan banyak cara dan bentuk, baik melalui media massa cetak atau elektronik, papan reklame, spanduk, poster dan sebagainya.

4) Public relations atau publicity

Publicity dilakukan dengan tujuan untuk memberikan citra yang baik mengenai perusahaan yang ditujukan pada masyarakat terhadap. Publicity dapat dilakukan dengan berbagai caranya, misalnya dengan mengundang para wartawan untuk berkunjung ke perusahaan, lalu memberikan wawancara mengenai berita-berita perusahaan di surat kabar.

Tambahan 3 P untuk pemasaran jasa

Adapun 3 P tambahan dalam pemasaran jasa, berikut ini:

5. People

People merupakan unsur orang atau manusia, di mana orang ini adalah pihak yang melayani dalam penjualan jasa perusahaan kepada para konsumen, meliputi beberapa unsur seperti : pimpinan yang mengambil keputusan, dan karyawan yang melayani konsumen. Setiap pihak yang berhubungan dengan menghasilkan jasa untuk para konsumen ini harus dimaksimalkan dengan baik pengelolaannya. misalnya, para karyawan harus mendapatkan pengarahan serta pelatihan agar mampu melayani konsumen dengan sebaik-baiknya sehingga konsumen dapat merasa puas.

6. Physical Evidence

Physical Evidence adalah suatu bukti fisik yang dimiliki perusahaan jasa untuk menarik minat konsumen. Contohnya seperti pada penjualan jasa transportasi, maka para konsumen memerlukan bukti fisik berupa kondisi mobil yang digunakan, lalu untuk rumah makan, konsumen mempertimbangkan bagaimana kebersihan yang ditampilkan dan juga menu yang disajikan.

7. Process

Process yang menunjukkan bagaimana suatu proses pemasaran dilakukan agar jasa yang diminta konsumen dapat diterima dengan memuaskan. Dalam suatu perusahaan jasa, maka produk jasa yang diberikan pada konsumen ini terjadi ketika ‘proses’ tersebut berlangsung. Jadi, ketika proses pemberian jasa terhadap konsumen inilah yang harus sangat diperhatikan. Kepuasan konsumen dalam menerima produk jasa dari perusahaan dapat diindikasikan dari beberapa faktor, seperti apakah konsumen cukup puas menerima jasa, cepat layanan yang diberikan, kerapian, penyampaian yang tepat waktu, akurat, bersih, dan sebagainya.

Comments